You cannot right clicking
logo

8 Cara Ketahui Tas Kulit Asli Sebelum Membeli

Tas berbahan dasar kulit memang lebih memiliki kualitas yang lebih bagus dan tahan lama. Kulit yang sering dijadikan material tas biasanya terbuat dari kulit sapi, buaya, dan ular. Tas kulit ini dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada tas yang berbahan plastik atau bahan lainnya. Maka tak heran kalau banyak terdapat produk palsu yang dijual di pasaran dan biasanya lebih mudah dijumpai di toko-toko pinggir jalan. Namun, jangan salah..Di toko yang terlihat meyakinkan di mall-mall besar pun terkadang menyampur barang dagangannya yang asli dengan yang palsu tapi dengan harga produk asli. Kalau sudah begini, konsumen yang dirugikan. Pastinya Anda tak mau hal tersebut terjadi pada Anda, bukan? Kenali dulu 8 cara untuk mengenali tas kulit asli di bawah ini:

1. Lihat dengan Seksama Dengan melihat lebih seksama, akan terlihat perbedaan antara kulit asli (genuine leather) dan yang palsu. Barang yang asli memiliki pori-pori yang tidak beraturan (tidak konsisten) karena memang natural alias alami dari asalnya. Sehingga sering ditemui ada beberapa bagian yang halus dan ada bagian yang berkerut. Untuk mengambil bagian yang halusnya saja akan membutuhkan berlembar-lembar kulit, karena pastinya akan ditemui bagian yang berkerut pada setiap lembaran bahan baku kulit. Sedangkan kulit imitasi (sintetik) semua permukaannya cenderung sama atau rata, karena dicetak oleh mesin sehingga menghasilkan produk dengan tekstur yang konsisten.

2. Raba Permukaannya Setelah melihat dengan seksama dan masih belum yakin, coba rabalah bagian permukaannya. Apabila terasa sangat halus, kemungkinan besar bahan tersebut adalah vinyl, karena kulit asli biasanya agak terasa kasar akibat pori-pori tempat tumbuhnya bulu. Bahan baku yang paling halus adalah kulit domba, tapi tingkat kehalusannya tidak seperti imitasi. Kulit domba bisa dibilang halus tapi memiliki kehalusan yang khas.

3. Cium Aromanya Kulit sintetis (palsu) akan berbau obat kimia polimer, sedangkan kulit asli akan berbau seperti bahan penyamaknya. Bau bahan penyamak itu ada bermacam-macam. Bila menggunakan bahan penyamak krom, maka baunya akan seperti bahan Chrom. Begitu pula dengan kulit samak nabati, baunya akan terasa seperti bahan penyamaknya tersebut tergantung pada bahan nabati yang dipakai.

4. Cek Harganya Barang berkualitas baik dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan toko lain pastinya akan mencurigakan. Tas kulit sintetik cenderung lebih murah karena terbuat dari material kain dan plastik. Sedangkan kulit asli dibuat dari bahan baku yang terbatas dan memerlukan waktu lama untuk mendapatkannya akan membuat harganya lebih mahal.

5. Tes Ritsleting Untuk memproduksi sebuah tas kulit asli yang berkualitas, maka pabriknya pun pasti melengkapinya dengan ritsleting (zipper) yang baik pula. Lain halnya dengan barang palsu, zipper yang dipilih pun cenderung asal-asalan. Anda bisa mengetahuinya dengan membuka-tutup zip tersebut selama 10 detik, bila lancar terus berarti kulit tersebut asli.

6. Timbang Beratnya Bukan berarti Anda harus membawa timbangan saat membeli tas, melainkan hanya coba menjinjingnya naik-turun beberapa kali. Tas asli akan terasa lebih berat daripada yang palsu, karena bahan baku dasarnya yang lebih tebal dibandingkan dengan kulit sintetis.

7. Cek Warnanya Proses pewarnaan produk asli akan menggunakan pewarna yang tahan lama dan tidak berbahaya. Untuk mengetahuinya diperlukan dua jenis kain, yakni kering dan basah. Gosok masing-masing kain selama 10 menit secara bergantian dimulai dari yang kering terlebih dahulu. Warna tas kulit asli tidak akan mudah memudar, sebaliknya warna dari kulit palsu akan membekas di kedua kain tersebut.

8. Dibakar Cara yang ini memang sangat ekstrim dan mustahil untuk dilakukan sebelum membeli. Namun pembakaran merupakan cara yang cukup ampuh untuk langsung mengetahui keaslian dari material kulit. Untuk kulit asli tidak akan mudah terbakar jika Anda hanya membakarnya sebentar saja. Sedangkan kulit imitasi akan mudah sekali terbakar ketika didekati oleh api dan menyisakan bau plastik karena biasanya terbuat dari bahan plastik yang menyisakan hasil akhir berupa gumpalan-gumpalan lengket seperti plastik yang dibakar.

Diperlukan ketelitian lebih saat membeli suatu produk di sebuah toko. Banyaknya barang palsu yang dicampur dengan yang asli memberikan kerugian kepada kita selaku konsumen. Tas sebagai item yang tergolong penting untuk kehidupan akan selalu dicari setiap saat, maka semakin banyak pula tas yang diproduksi. Di antara bahan baku tas yang beragam, kulit menjadi favorit banyak orang karena penampilannya yang terkesan eksklusif dan keawetannya, walaupun sebenarnya kulit memerlukan perawatan lebih.

Sumber : pricearea.com

Comments are closed.